Wednesday, December 23, 2015

LOGIC

Pengertian Science







Science, Berasal dari bahasa Latin, yang berarti "pengetahuan", adalah usaha memulai kegiatan yang sistematis untuk membangun dan mengatur pengetahuan dalam bentuk penjelasan dan prediksi yang ada di alam semesta. Dalam penggunaan modern, "Science" lebih sering mengacu kepada cara untuk mengejar pengetahuan tetapi tidak hanya pengetahuan itu sendiri. Hal ini sering diperlakukan sebagai sinonim dengan ilmu pengetahuan alam dan jasmani, dengan demikian pada cabang-cabang dari studi yang terkait dengan fenomena alam semesta, material dan hukum dengan pengecualian yang termasuk dari matematika murni.
Science dalam arti luas ada sebelum era modern, dan dalam peradaban bersejarah, tetapi ilmu pengetahuan modern sangat berbeda dan sukses dalam hasil-hasilnya yang sekarang didefinisikan.


Sebuah metode ilmiah berusaha untuk menjelaskan peristiwa alam dengan cara direproduksi oleh sebuah eksperimen pikiran dan penjelasan atau hipotesis yang diajukan, sebagai penjelasan, dari mana berasal prediksi. Prediksi harus diposting sebelum percobaan konfirmasi atau pengamatan yang dicari, sebagai bukti bahwa tidak ada gangguan yang terjadi. Pembantahan prediksi adalah sebuah bukti kemajuan. Hal ini dilakukan melalui pengamatan sebagian fenomena alam, tetapi ada juga melalui eksperimen, yang mencoba untuk mensimulasikan peristiwa alam dalam kondisi yang terkendali, yang sesuai dengan disiplin (dalam ilmu observasional, seperti astronomi atau geologi, pengamatan diprediksi mungkin mengambil tempat dari sebuah percobaan terkontrol). Diambil secara keseluruhan, metode ilmiah memungkinkan untuk memecahkan masalah yang sangat kreatif dan meminimalkan efek dari prasangka subyektif di pihak penggunanya (yaitu prasangka konfirmasi).

Pada abad kesembilan belas, pengukuran gravitasi bumi terutama tergantung pada pendulum untuk survei gravimetri. Sebuah pendulum membaik, dirancang oleh Friedrich Bessel, diproduksi oleh Repsold and Sons, Hamburg, Jerman. Amerika CS Peirce ditugasi penelitian gravimetri oleh US Coast dan Geodetic Survey. Peirce mengembangkan teori dari kesalahan sistematis dalam gunung pendulum Repsold. Dia diminta untuk mempresentasikan teorinya untuk meningkatkan pendulum ke Panitia Khusus dari International Association Geodesi. Sementara dilakukan untuk konferensi dari IGA di Eropa, September 1877, Peirce menulis esai dalam bahasa Prancis pada metode ilmiah, "How to Make Our Ideas Clear" dan diterjemahkan "The Fixation of Belief" ke dalam bahasa Prancis. Dalam esai, ia mencatat bahwa keyakinan kita berbenturan dengan kehidupan nyata, menyebabkan apa Peirce menunjukkan sebagai "irritation of doubt", di mana dia kemudian mendaftar beberapa metode untuk mengatasinya, salah satunya adalah, metode ilmiah.

No comments:

Post a Comment